Jumat, 04 Juli 2014

Menu Sahur Ala Deas

Hai teman - teman
Apa kabarnya ?
Semoga selalu sehat yaa,Amin.


Kali ini saya ingin berbagi resep sahur di bulan Ramadhan, dari sebagian orang kegiatan menyiapkan menu makanan diwaktu sahur bisa terbilang ribet dan malas, alhasil menu makanan pun biasanya sudah disiapkan saat malam dan ketika waktu sahur tinggal menghangatkan emang sih  praktis dan cepat tapi asalkan makanan itu sehat dan baik bagi tubuh, tidak masalah.

Well, saya adalah orang yang paling tidak bisa makan dengan porsi yang tinggi dan berat disaat pagi-pagi buta, kebayangkan teman melek mata dipagi-pagi buta kita harus makan yang cukup, untuk mempersiapkan energi seharian dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari, mungkin akan serasa penuh dan kembung diperut (ini menurut saya, karena setiap orang itu mempunyai kondisi tubuh yang berbeda), oleh karena hal tersebut  saya merasa sangat tidak nyaman,akhirnya saya mengantisipasi dengan membuat menu sahur sendiri yang simple , tetapi menyehatkan dan mampu memberi asupan gizi beserta energi yang diperlukan oleh tubuh selama seharian berpuasa hingga menjelang berbuka tiba.

kurma dan buah kiwi :)

Nah, kurma adalah salahsatu menu pokok dalam buka dan saur , selain itu buah kiwi (sebenarnya buah apa saja boleh tidak harus buah kiwi, itu berhubung buah kiwi yang saya jadikan menu) tapi asalkan buah segar.  mengapa harus kurma dan buah kiwi ?? (ingat ya buah apasaja boleh tidak harus kiwi)  :D
Mari kita ulas satu persatu kandungan dan manfaat Kurma dan Buah Kiwi.

KURMA
Kurma Mesir (nama produk dikemasan)

Buah kurma adalah salah satu buah favorit Rasulullah SAW di saat bulan Ramadhan tiba. Rasul menjadikan buah kurma ini sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa dan sebagai makanan penutup saat sahur.

What is the reason ??
Karena Saat kita berbuka puasa pencernaan kita terutama lambung memerlukan asupan makanan yang lembut agar bisa berfungsi dengan baik. maka dari itu makanan yang kita konsumsi harus mudah dicerna yang mengandung gula dan air dalam makanan.
What is Implies ??
Didalam satu kurma mengandung:
  • Air 20-24%
  • Gula 70-75%
  • Protein 2-3%
  • Serat 8.5%
  • Sedikit sekali kandungan lemak jenuh
Nah, itulah manfaat dari kurma teman :)

Next,
BUAH KIWI

Buah kiwi (Zepri Green New Zealand) :)

Buah yang berbentuk oval ini memiliki kaya serat, kulit berwarna yang hijau kecokelatan, daging buahnya berwarna hijau cerah dengan biji kecil hitam sangat enak saat dimakan. tekstur buahnya sangat halus dengan rasa yang unik.

What is the advantage of this fruit ?? (apa keunggulan buah ini)
  • Buah kiwi kaya akan vitamin C
  • Buah kiwi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi
  • Buah kiwi kaya akan antioksidan
  • Buah kiwi meningkatkan kekebalan tubuh
  • Buah kiwi dapat mengurangi rasa kembung 
Buah kiwi ini memiliki kandungan ion potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. buah ini bisa menjadi pilihan dalam menu sahur ataupun saat berbuka puasa.
Oke  ...
Selain kurma dan buah kiwi, saat sahur sangat disarankan untuk meminum air putih sebanyak mungkin, untuk mengatasi dehidrasi saat berpuasa. selain menu diatas biasanya saya akan menambahkan roti gandum tawar tanpa rasa, (karena saya lebih suka rasa tawar).
Ada satu hal yang tak kalah penting. Jika saat sahur saya tidak ada persediaan untuk buah, (atau kadang malas untuk memakan buah) biasanya saya akan menggantinya dengan segelas susu.

susu coklat my favorite :D

Susu mengandung nutrisi yang penting seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor dan zinc. susu juga mengandung mineral dan lemak. untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak mudah keropos dan bagi umur produktif susu membantu pertumbuhan. 
Nah,, segelas susu ini saya minum beberapa menit sebelum dikumandangkannya imsak.
Oke teman, Menu sahur yang saya terapkan ini membuat badan saya jadi tidak lemas dan loyo saat seharian berpuasa dengan aktifitas sebagai pekerja, cukup membuat saya nyaman dan tidak terasa sangat lapar. bagi teman yang kebingungan dengan menu sahur dan sedang menerapkan hidup sehat, menu sahur ini bisa menjadi salahsatu pilihan.

Semoga bermanfaat teman
Thank you for reading..

2 komentar:

  1. matur suwun mbak sangat membantu..
    xixixixi

    BalasHapus
  2. Hai mas Ardhy makasih udah mampir :D

    Sami - sami, alhamdulillah kalau dapat membantu. :)

    BalasHapus