Rabu, 18 Juni 2014

KLATEN BERSINAR

Hai semua... :D
Apa kabar ?? Semoga selalu sehat dan bahagia selalu ya dear.... Amin.

Hmm,, lama banget gak ngeblog lagi.. alasannya sibuk  ya ya ya alasan yg sangat relatif 

oke, langsung aja yah dari pada kelamaan


Untuk kali ini aku ingin memperkenalkan kota kelahiranku, kota dimana aku dilahirkan, kota ini adalah kota yang sangat aku banggakan dan aku cintai ( yaiyalah kan kota kelahiran :D )


 KLATEN BERSINAR 

Nah, cantikkan nama kota kelahiranku, dari namanya aja udah kebayangkan kalau kotaku ini sangat bersinar, (bak matahari menyinari bumi), banyak opini orang bilang kota klaten ini kota kecil banyak cewek cantik Hellooo girls !!


Well, Saya dilahirkan disebuah pedesaan yang sangat asri yaitu Karangasem Dengkeng, desa kecil yang amat sangat mempesona, kenapa aku bisa bilang mempesona, karena desaku ini berada tepat dibawah pegunungan kebayangkan betapa udara dikampungku sangat sejuk, segar dan yang pasti dingin, jauh tuh yang namanya panas dan polusi udara seperti di ibukota and then yang pasti gak ada yang namanya kebisingan apalagi kemacetan kendaraan seperti di ibukota. Hmmm.. too sweet banget pemirsa kota klaten itu :)


banyak coretan sm anak- anak nakal, begitu.. :(

Ada satu lagi yang menjadikan kota klaten semakin khas dengan ikon sebagai berikut :

  

Sebagai kota klaten bersinar, gambar diatas menunjukan bahwa kota klaten adalah salah satu kota pusat kerajinan tenun ikat yang tak kalah dengan kain tenun di nusantara. Eeiitss,, tak hanya itu teman, kota klaten juga mempunyai banyakkk sekali tempat pariwisata dengan legenda cerita yang sangat menarik dan sangat terpopuler sampai sekarang, salahsatunya adalah :

 " CANDI PRAMBANAN TEMPLE "


Siapa sih yang gak tau dengan tempat pariwisata yang satu ini, untuk lebih mengenal dan mengetahui sejarah/legenda tentang tempat pariwisata yang very famous and these special  bisa lihat di link 
candi prambanan temple yang berada di Jalan Raya Jogja - Solo Km 16 (berada di sebelah kiri jalan raya dari arah klaten ) sangat ramai pengunjung, apalagi saat tiba hari liburan dijamin tempat parkir sampai penuh.
Well, penasaran?? langsung saja berkunjung dijamin bakalan terpukau dengan pesona candi prambanan.

Oke lanjut,, tidak hanya sampai disitu saja mari kita ulas lagi tempat yg tak kalah memukau dan tak jauh dari candi prambanan yaitu

" Museum Gula Gondang Winangoen Klaten Jawa Tengah "


Nah, Museum gula yang berada di jl. Raya Jogja - Solo Km. 25, Klaten - Jawa Tengah Ini adalah satu-satunya museum gula di Indonesia bahkan Asia Tenggara,
waw,, was amazing and proud, masih banggakah kalian dengan berlibur keluar negeri!?   Indonesia is a country that is very proud.. Museum yang dibangun oleh bangsawan belanda ini memiliki cerita yang sangat menarik dari awal pembangunannya, untuk sejarah lebih jelasnya bisa dibuka di Link dan bagi anda yang ingin berkunjung di museum gula gondang tidak perlu khawatir hanya dengan membayar tiket masuk sebesar kurang lebih Rp4 - Rp5 ribu rupiah saja anda sudah dapat memperoleh pengalaman sejarah yg tak terlupakan Nah, sangat terjangkau teman, tunggu apalagi ??  langsung dateng .. :)

Oke, lanjut
tidak jauh dari museum gondang klaten , ada sebuah Wisata yang tak kalah menariknya yaitu
 Wisata Alam Deles Indah yang berada di wilayah desa sidorejo kecamatan kemalang :



Banyak pepohonan, yang pasti disini sejuk, Hmmm.. :)




Well, tempat ini sangat cocok untuk kalian yang hobby berfoto - foto ( photografer ) spesifik dengan suasana pemandangan alam pegunungan yang asri. untuk lebih jelasnya tentang Wisata Alam Deles Indah ini bisa di lihat di Link
  
View yang sangat cantik :D

Sangat menyejukkan mata dan mengairahkan wajah seri saat memandangnya :)
objek wisata yang berada di lereng kaki gunung merapi ini menjadikan pemandangan yang mempesona dan disana kita dapat melihat pemandangan puncak merapi dengan sangat jelas, selain itu kita juga dapat melihat pemandangan kota klaten dengan dihiasi berjejeran gunung kapur, really beautiful scenery.. bisa kebanyang penduduk disekitar pastilah sangat asri, Itu lah Wisata Alam Deles Indah, Penasaran ?? segera berkunjung dan buktikan sendiri kecantikan panoramanya :) 


Next.. :) 
 Oke permirsa kita beranjak dari Wisata Alam Deles Indah , kita menuju " Wisata Alam Sumber Mata Air Cokro Tulung " atau sekarang lebih terkenal dengan sebutan COKRO WATERBOOM (OMAC) :

 
banyak pepohonan, Pasti sejuk banget disitu :)

 
sudah banyak fasilitas modern yg lengkap :D

Pemandian Cokro Tulung yang terletak di Desa Cokro Kecamatan Tulung klaten ini adalah tempat pemandian yang mata air nya langsung dari alam pastilah airnya jernih dan segar, untuk pengertian lebih jelasnya bisa di buka di Link . untuk biaya tiket masuk per orang di Pemandian Cokro Tulung ini hanya Rp5 Ribu dan disana banyak pedagang asongan didalamnya, banyak yg menyewakan tikar yg bisa digunakan untuk duduk-duduk dibawah pepohonan, biaya sewa per tikar hanya Rp5 Ribu, disana juga terdapat penyewaan ban pelampung untuk ukuran besar hanya Rp3 Ribu dan untuk ukuran kecil hanya Rp2 Ribu. ekonomis sekali teman :)
Untuk memasuki pemandian cokro tulung ini, Anda harus melewati sebuah jembatan gantung yang terbuat dari kayu
, yang dibawah jembatan itu terbentang aliran sungainya, Hmmm.. Penasaran kan ???
Eeiiiittss... Pemandian Cokro Tulung ini sangat ramai dikunjungi jikalau musim liburan sekolah tiba atau saat hari libur, Well.. yang suka berenang dan mencari kesegaran air alam disini adalah tempat yg tepat . :)

Oke Next kita review kuliner teman..
(saya adalah orang yg suka makan, tapi ngakunya diet)
saya mengidamkan badan yang langsing dan saya suka makan (0_0)  #Bengong....  Lupakan (9_9)9

Nah,,    ''ROWO JOMBOR KLATEN''
  
getek/perahu untuk menuju rumah makan

Disana udaranya sejuk semilir, jadi kita tidak akan menjumpai kipas angin / Air Conditioner (AC) terpasang disana, secara ya udara disana semilir sejuk kalah deh AC sm angin alam :D Nah, tak hanya itu saja disana tersedia berbagai makanan dan pastinya menu yang ditawarkan semua jenis ikan segar yang diambil langsung dari kolam air tawar dan dimasak dengan berbagai macam masakan :

 Itu tangan pegang hidung segala oh wait, itu aku :D (maafkan) :)

 Tidak perlu khawatir bagi anda yang suka memancing, disini disediakan tempat dan penyewaan alat-alat memancing, Nah  sembari anda menikmati hidangan lezat yang anda pesan anda juga bisa memainkan strike pacing anda ditemani dengan hiburan music dangdut, yang dipersembahkan untuk pengunjung dan ditemani semilir angin sejuk.

Nature sekali :)

Warung Apung Jombor ini dibangun tepat berada diatas air dan dikelilingi berbagai tanaman seperti bunga teratai,ecenggondok dan dihiasi berbagai jenis ikan tawar yang berlarian kesana kesini, untuk teman-teman yang ingin mengetahui sejarah lebih detail bisa dilihat di Link .

Jernih dan sejuk banget :)

Well, tunggu apalagi segera berkunjung teman, dijamin gak bakalan nyesel :)

Oke Next, tidak jauh dari Warung Rowo Jombor terdapat sebuah desa yang sudah sangat terpopuler dengan pusat kerajinan tanah liatnya : 
view nya kurang jelas :( #Maafkan

Untuk mengetahui lebih jelas tentang keramik pagerjurang ini bisa dilihat di Link , setelah memasuki gerbang yang bertuliskan Desa Keramik Pagerjurang akan nampak beberapa showroom yang menjajakan berbagai jenis keramik/gerabah dalam berbagai bentuk dan macam. 
gambar sebagian kecil jenis keramik/gerabah :)

Nampak disepanjang jalan berjejer keramik yang tertata sangat rapi, dan untuk harganya pun relatif murah apalagi saat musim liburan tiba dan hari lebaran tiba disepanjang jalan showroom penjual keramik sangat ramai dikunjungi pengunjung dengan plat mobil dari luarkota dan yang pasti untuk memborong keramik untuk dibawa pulang kerumah, bagi yang belum pernah berkunjung tunggu apalagi silakan datang ke Jl. Desa Pagerjurang Melikan Bayat Klaten. :)

Selingan ...
Selingan biar gak sepaneng, kan enak nih ngliat dedek bayi imut :D

lanjut,, kita akan mereview tempat bersejarah dan letaknnya tak jauh dari pusat keramik diatas :
"Makam Sunan Pandan Aran Bayat Klaten"


jalanannnya tertata rapi dan No parkir sembarangan :)


Sebuah gerbang pintu utama masuk ke Makam Sunan Pandan Aran, akses jalan pun sangat mudah.

Pintu masuk tangga makam
Untuk mengetahui sejarah lebih lengkapnya bisa dilihat di Link
Kompleks Makam Sunan Pandanaran yang berada di Makam Tembayat desa paseban, kecamatan bayat kabupaten Klaten yang letaknya berada di perbukitan Gunung Jabalkat, untuk menuju lokasi makam kita harus menaiki anak tangga yang berjumlah 250 anak tangga dan hanya dengan membayar tiket seharga kuranglebih Rp2 - Rp5 ribu  Rupiah sudah dapat berkunjung ke dalam. :)

Tidak hanya itu saja di tempat pariwisata ini juga terdapat bermacam pedagang yang menjajakan berbagai macam makanan khas, minuman khas, oleh-oleh khas (Keramik,Jenang Ayu,Patung-Patung dll)  Nah, Jadi tunggu apalagi segeralah berkunjung :)

Oke Lanjut,

Bagi Teman-teman yang berasal dari kota klaten pasti tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini yaitu Alun-Alun kota Klaten. :

Rapi dan bersih :)

Alun - Alun Kota Klaten yang berada di Jl. Pemuda Klaten Tengah ini sangat ramai dikunjungi saat malam minggu tiba berbagai kegiatan ada disana seperti Bazaar, Pasar Malem, Konser Musik, kumpul anak muda-mudi dll. tak kalah menariknya berbagai jajanan pun tersedia disana, banyak muda-mudi dan keluarga memadati setiap sudut tempat di Alun-Alun Klaten ini untuk melepas penak dan jenuh.

Sekarang di sepanjang Jl. Pemuda, Klaten Tengah digunakan sebagai CFD (Car Free Day) pada setiap hari minggu pagi mulai pukul 4.30 - 9.00 pagi, warga pun ramai sekali berolahraga disepanjang jalan - jalan kota.tak hanya itu saja berbagai jajanan pun banyak dijajakan dipinggir jalan menghiasi Car Free Day. Nah  tunggu apalagi :) Sehat yang menyenangkan .


Oke, Teman Cukup Segini dulu review tentang Kota Kelahiranku, masih banyak lagi tempat wisata dan tempat lain yang sangat menarik perhatian tapi belum sempat saya share/review bagi teman-teman yang daerahnya disekitar terdapat tempat pariwisata dapat dishare disini saling melengkapi :) Next saya update kembali dengan tempat pariwisata lain nya yang lebih menarik lagi di kota klaten, terimakasih :)

Salam DEWI :) 

8 komentar:

  1. ada satu lagi... tempat kayak untuk diving gitu.. yang bisa foto dibawah air..
    gak tau namanya apa... hehehe

    BalasHapus
  2. ada satu lagi... tempat kayak untuk diving gitu.. yang bisa foto dibawah air..
    gak tau namanya apa... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, belum lama ini mulai booming dan kalau tidak salah nama tempatnya itu umbul tirto, (kalau tidak salah ),

      next bisa berkunjung ,

      terimakasih sudah berkunjung di blog dewi ya @Bagus Prehan.

      Hapus
    2. waduh katanya orang klaten ,,,,, umbul ponggok mbak ,,,,, hehehe

      Hapus
  3. Aku infoin lagi tu. didaerah jatianom arah mau ke boyolali ada suatu pertunjukan rayahan apem ato lebih dikenal yaqowiyu.itu juga seru tetapi cm ada disaat menurut pasaran jawa tu (sasi sapar/ bulan safar).rame juga tu..tapi sudah tdk serame 10 ato 15 thn yang lalu.hehehehe...jadi kangen ni sama kampung halamanku...sudah 5 thn blm bisa pulang.;(

    BalasHapus
  4. umbul nya ko ga ada padahal kan deket sama rumahnya mbah ku...

    BalasHapus